Perburuan informasi….
Heran…………….!
Ada teman minta tolong mengcopykan DVD rekaman handycam ke komputer. Perkiraan awal saya sama dengan mengcopy DVD-DVD film laennya. Setelah dimasukkan ke DVD-Room, lansung buka windows explorer. Pas ngeklik CD Drive di windows explorer, datanya kosong! Why? Padahal DVD tersebut ada data video hasil shotingan dari Handycam Sony Camcoder.

Trus coba mengcopy lansung dari handycam Sony dengan menghubungkannya ke komputer via usb cable. Ternyata benar ada videonya dan bisa dicopykan. Karena perlu cepat, maka terpaksa mentransfer video dengan menggunakan handycam tersebut.

Masih penasaran kenapa di windows explorer tak terbaca, coba nanya ke mbah google. Kebanyakan tutorial tentang transfer video handycam yang masih menggunakan pita kaset. (“keywordnya salah mungkin bro!”,”ma tau wak!”)

Informasi pertama dapat, dengan menggunakan software CDRoller870. Berhasil download CDRoller870 versi free, trus di install. Eh, ternyata versi free hanya bisa menampilkan video hasil shootingan, tapi tak bisa dicopykan ke komputer. (“beli dunk, mo gratis aja!”, “gak ada duit, wkwkwkkk…”)

Om google bantuin lagi dunk…
nanya ke om google malah di transfer ke Yahoo answer! What up la, yang penting tahu! Tapi kayaknya pertanyaan dan jawaban dalam bahasa Inggris (trauma ma English ya???) terpaksa deh baca pelan2 biar paham, intinya dianjurkan menggunakan Software Nero Burning. (“Walah2, ni program kan udah ada di laptop, koq tak tahu sih?? Dasar!”)

Nero yang sudah di install versi 8. Malangnya, tool yang berfungsi untuk mengcopykan DVD tersebut tak bisa dipakai, karena licensi nero tak lengkap..(nasib, nasib). Untung masih ada stok software nero versi 7 dan versi 6.

Akhirnya…
Alhamdulillah Nero Burning versi 7 bisa digunakan. Berikut cara penggunaannya dari hasil trial dan error!

Download cara copy DVD Handycam ke Hardisk Komputer (lengkap dengan gambar)

1. Jalankan program Nero burning versi 7
2. Pilih kategori Backup, klik Copy Entire DVD Video. (lihat gambar, yang dilingkar)
3. Masukkan DVD handycam ke DVD-Room komputer atau laptop
4. Pada jendela nero record, klik tombol Import DVD
5. Tampil jendela browse for folder, pilih drive CD-Drive, tempat DVD handycam berada.
6. Setelah proses analyzing selesai, klik Next
7. Pada Destination, pilih Hard Disk Folder. Lalu tentukan lokasi tempat penyimpanan file DVD yang akan dicopykan di Target folder.
8. Selanjutnya klik tombol Burn.
9. Proses ini menghabiskan waktu lebih kurang 8 menit, dengan durasi video 30 menit, DVD 2,8 Gb.

moga bermanfaat….

About these ads