Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Nasional ke-3 akan dilaksanakan di Banjarmasin, diperkirakan dari tanggal 1-5 Desember 2008. Ribuan santri dari berbagai propinsi se Indonesia akan ikut ambil bagian. Propinsi Riau juga tak mau ketinggalan. Pada MQKN III ini riau mengutus 21 orang peserta yang akan mewakili riau dalam berbagai cabang musabaqah. Ke21 peserta tersebut merupakan hasil seleksi tingkat propinsi yang diadakan beberapa waktu lalu.

Saya sebagai salah seorang guru di pondok pesantren Al-Badr Bangkinang bersyukur karena dari 21 orang utusan Riau tersebut, 10 orang adalah santri/santriwati PP AlBadr. 2 orang santri dan 8 orang santriwati Al-Badr telah berangkat ke Pekanbaru pada hari Selasa, 25 Nopember 2008 dan selanjutnya insya’Allah akan diberangkatkan ke Banjarmasin pada hari Sabtu, 29 Nopember 2008 dari Bandara Sultan Syarif Qasim (SSQ) Pekanbaru.

Semoga semua usaha dan kerja keras para santri/wati tersebut diridhai Allah dan berhasil meraih prestasi yang bagus di musabaqah nanti, amiin. Harumkan nama Riau, Kabupaten Kampar dan Pondok Pesantren Al Badr. dan semoga ini menjadi pemacu semangat para santri/wati di Riau khususnya untuk lebih menguasai dan mendalami kitab kuning. Karena bagaimanapun, kitab kuning (kitab turats) adalah khazanah keilmuan Islam. Kalau bukan kita yang mengkajinya, siapa lagi???

Iklan