(tugas mata kuliah Rekayasa Interface, smt V, 2009/2010, STMIK-AMIK Riau)
translated by : Dafitri Lesmana

Usabilitas merupakan pembuatan user interface yang efektif (UIS).
Dengan penggunaan mouse tidak perlu menghafal atau mengetik perintah yang rumit. Sehingga dengan sistem what-you-see-is-what-you-get (WYSIWYG)-  user dapat melihat hasil yang akan dibuat.

Pentingnya User Interface :

  1. User interface sangat mempengaruhi persepsi terhadap software
  2. Software yang digunakan dijual lebih baik
    Situs web yang tidak digunakan akan ditinggalkan

  3. Persepsi kadang-kadang dangkal
  4. User menyalahkan diri sendiri atas kegagalan UI
    Orang-orang yang memutuskan untuk membeli produk software tidak selalu merupakan end-user.

Ada beberapa alasan praktis kenapa kita harus memperhatikan user interface software kita. Kegunaan sangat mempengaruhi tanggapan terhadap software, karena user interface merupakan cara software menampilkan diri ke dunia. Penilaian “Kemudahan menggunakan” terbit di resensi majalah, mempengaruhi rekomendasi dari mulut ke mulut, dan mempengaruhi keputusan membeli. Polling Harris (dilaporkan di Jurnal Wall Street 11/08/05) menemukan bahwa kemudahan menggunakan (61%), layanan pelanggan (58%), dan nohassle installation (57%) adalah faktor-faktor pertimbangan terpenting bagi orang US ketika membeli suatu produk teknologi yang baru.

Software yang usable (berguna) akan laku. Sebaliknya software yang unusable (tidak berguna) tidak akan laku. Jika sebuah situs web bersifat unusable sehingga pengunjung tidak menemukan apa yang mereka inginkan, atau tidak bisa melakukan proses penyelesaian, maka mereka akan mencari alternatif website yang lain.

Sayangnya persepsi user tentang kegunaan software seringkali dangkal. User interface yang atraktif (menarik) boleh jadi terlihat seperti user friendly sekalipun tidak betul-betul usable. Ini dikarenakan user sering menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang mereka buat, sekalipun jika kesalahan bisa dicegah dengan desain user interface yang lebih baik. (“Ups, aku merindukan menu File lagi! Betapa aku.”) Jadi usability sedikit berbeda dar sifat-sifat penting software lainnya, seperti kehandalan, kinerja atau keamanan. Jika program program lambat, atau crash, atau mendapat hacked, kita tahu siapa yang harus disalahkan. Jika hal itu tidak dapat digunakan (unusable), tetapi tidak begitu fatal, maka masalah usability bisa dilaporkan.

Kesalahan Biaya Memperolehnya

ü  Waktu user tidak didapatkan dengan murah

ü  Desain dengan benar sekarang atau membayar untuk itu nanti.

ü  Bencana terjadi :

  • Mesin terapi radiasi Therac-25
  • Sistem radar Aegis USS Vincennes
  • Kecelakaan supertanker Inggris
  • Kecelakaan predator UAV di Arizona

Apakah User Interface sulit didesain?

ü  Anda bukan pengguna :

  • Sebagian besar rekayasa perangkat lunak adalah tentang berkomunikasi dengan programer lain.
  • UI adalah tentang berkomunikasi dengan user.

ü  User selalu benar :

  • Masalah yang konsisten adalah kesalahan sistem

ü  …namun user tidak selalu benar

  • User bukanlah desainer

ü  User interface membutuhkan banyak usaha pengembangan software

ü  User interface menyumbang 50% dari :

  • Waktu mendesain
  • Waktu pelaksanaan
  • Waktu pemeliharaan
  • Ukuran kode

Penegasan Usability

ü  Usability : sebarapa baik user mampu menggunakan fungsi-fungsi sistem

ü  Dimensi usability :

  • Learnability         : apakah mudah dipelajari ?
  • Efisiensi              : setelah dipelajari, apakah cepat digunakan?
  • Memorability       : apakah mudah mengingat apa yang telah dipelajari?
  • Error                     : apakah kesalahannya sedikit dan bisa dipulihkan ?
  • Kepuasan                       : apakah menyenangkan menggunakannya?

Ukuran berapa pentingnya usability berbeda-beda

ü  Tergantung pada pengguna

  • User pemula perlu kemampuan belajar
  • User yang jarang menggunakan software perlu kemampuan mengingat
  • User ahli perlu efisiensi

ü  Tetapi tidak ada keseragaman user pemula atau ahli

  • Pengalaman dibidangnya
  • Pengalaman aplikasi
  • Pengalaman utama

Apakah Usability hanya sebuah attribut dari suatu sistem ?

ü  Perancang software banyak khawatir dengan :

  • Fungsi
  • Kinerja
  • Biaya
  • Keamanan
  • Usability
  • Ukuran
  • Reliability
  • Standar

ü  Banyak keputusan desain melibatkan pengorbanan antara attrbut yang berbeda

ü  Kita akan mengambil posisi yang ekstrem di kelas ini.

Usability Engeneering adalah suatu proses

Desain

ü  Analisis tugas

  • Mengetahui usermu :
    • Siapa mereka ?
    • Apa yang telah mereka ketahui?
    • Lingkungan mereka seperti apa?
    • Apa tujuan mereka?
    • Informasi apa yang mereka butuhkan ?
    • Apa langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut ?

ü  Pedoman desain

  • Hindari kesalahan-kesalahan bodoh
  • Bisa samar-samar atau bertentangan

Impelementasi

ü  Prototyping

  • Murah, buang jauh-jauh implementasi
  • Ketelitian rendah : kertas, wizard of OZ
  • Ketelitian menengah : HTML, Visual Basic

ü  Tehnik implementasi GUI

  • Model input ouput
  • Toolkits (kotak alat)
  • UI builder

Evaluasi

ü  Evaluasi menempatkan prototipe untuk pengujian

ü  Expert evaluation (evaluasi ahli)

  • Heuristik dan Walkthrough

ü  Evaluasi prediksi

  • Pengujian terhadap model engineering (simulasi pengguna)

ü  Evaluasi Empiris

Melihat pengguna melakukannya.