Generasi Sahabat adalah GENERASI ISTIMEWA dalam sejarah Islam dan sepanjang sejarah kemanusiaan. Tidak pernah terjadi sebelumnya dan juga belum pernah setelahnya, lahirnya banyak pribadi dan tokoh mulia yang terkumpul di tempat yang sama pada waktu yang sama pula.

Karena keberadaan Rasulullah saw kah?
TIDAK!
alasannya :
1. Allah SWT menjamin terpeliharanya Al-Qur’an, walau Rasulullah tlah wafat.
2. Dakwah ini akan terus berlanjut sepeninggal Rasulullah
3. Allah SWT akan tetap memelihara agama-Nya hingga hari kiamat

Jadi, kenapa mereka menjadi generasi terbaik?

Keywordnya adalah :
1. RUJUKAN UTAMA MEREKA adalah AL-QUR’AN SAJA, petunjuk-petunjuk Rasulullah (hadis) semata-mata merupakan penafsiran sumber utama ini.
Apakah saat itu tidak ada sumber panduan lain?
ADA! Pada waktu itu tlah ada kebudayaan Romawi, lengkap dengan buku-buku dan undang-undangnya; Peninggalan Yunani : ilmu mantiknya, falsafah dan keseniannya; kebudayaan dan peradaban Persia, India, Cina dan lain-lain. Tapi sekali lagi, pedoman utama mereka adalah Al-Qur’an. Ini terbukti dengan marahnya Rasulullah ketika melihat Umar bin Khattab memegang sehelai Taurat.

2. BELAJAR untuk DIAMALKAN! Ya, mereka mempelajari Al-Qur’an bukan sekedar untuk meneliti, mengkaji, membaca atau pelipur lara saja, tapi untuk lansung diAPLIKASIkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. 100% meninggalkan KEBIASAN DAN PANDANGAN JAHILIYAH! Mereka sangat merasa bersalah ketika berkeinginan untuk kembali pada kebiasaan jahiliyahnya, merasa berdosa ketika lemah mengamalkan ajaran Islam.

PENGEN JADI GENERASI QUR’ANI ISTIMEWA? laksanakan poin-poin di atas!

**********
Sumber : Ma’alim Fi Ath-Thariq (Petunjuk Jalan), karangan Sayyid Quthb.