Demam Facebook kayaknya lagi melanda Indonesia. Negeri yang berpenduduk mayoritas muslim ini ternyata telah menempati posisi ke-3 negara Facebook terbesar diseluruh dunia. Dilansir melalui Inside Facebook, Rabu (6/1/2010), sekira 70 persen dari pengguna Facebook berasal dari luar Amerika. Posisi Indonesia berada di bawah Amerika dan Turki dengan total pengguna, pada Januari 2010 ini, mencapai 15,3 juta. Sedangkan Turki mencapai 16,9 juta pengguna.

Penggunaan Facebook di Indonesia telah menimbulkan banyak polemik. Berikut ringkasan berbagai polemik yang terjadi yang disebabkan oleh Facebook, khusus yang terjadi di Indonesia saja, di luar negeri juga banyak kasusnya. sebagian besar referensi dari website okezone.

A.  PENGHINAAN & PENCEMARAN NAMA BAIK

1. Menghina di Facebook, Ujang Terancam 6 Tahun Penjara
Selasa, 30 Juni 2009 – 13:19 wib
JAKARTA – Penghinaan Ujang Romansyah terhadap Feli di situs jejaring sosial Facebook, bisa berujung penjara. Jika polisi menerapkan pasal yang termuat dalam UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE), maka Ujang terancam hukuman 6 tahun penjara.
liat berita ….

2. Lagi, Menghina via Facebook Pegawai Dishut Dilaporkan
Minggu, 5 Juli 2009 – 14:33 wib
BANDARLAMPUNG – Kasus penghinaan melalu jejaring sosial Facebook seperti terjadi di Bogor, Jawa Barat, kini terjadi di Lampung. Gara-gara mengirim kata menyudutkan, seorang pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dilaporkan ke Poltabes Lampung.
berita selengkapnya …

baca artikel ini

3. Menghina di Facebook, Farah Dituntut 5 Bulan Bui
Senin, 25 Januari 2010 – 11:11 wib
Kasus penghinaan lewat facebook mencuat saat Fely Fandini malaporkan Farah karena telah melakukan penghinaan di akun Facebook. Farah melakukan tindakan ini karena cemburu atas kedekatan pacarnya, Ujang, dengan Fely Fandini
baca berita ini…

4. Hina Guru di Facebook, 4 Siswa SMU Dikeluarkan
Minggu, 14 Februari 2010 – 16:43 wib
PEKANBARU – Sebanyak empat siswa SMUN 4 Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terpaksa dikeluarkan oleh pihak sekolah lantaran mencaci guru mereka di jejaring sosial Facebook.
baca berita ini

B. PENIPUAN

1. Tebar Pesona di Facebook, ‘Kapten’ Gasak 11 Motor Kenalannya
Jum’at, 20 November 2009 – 14:57 wib
Seperti yang dilakukan Eddy (29), warga Bumiarjo Surabaya. Eddy memanfaatkan memanfaatkan facebook untuk melakukan aksi penipuan.
Di situs jejaring sosial Facebook Eddy mengaku bekerja sebagai tentara berpangkat kapten yang berdinas di Komando Armada Timur Surabaya. Agar lebih meyakinkan Eddy memasang fotonya saat menggunakan pakaian seragam TNI AL.
baca berita ini…

C. PROSTITUSI / PELACURAN / PSK ONLINE

1. Facebook Mulai Jadi Alat ‘Jual Diri’
Selasa, 2 Februari 2010 – 10:15 wib
Ia memilih memasarkan lewat Facebook karena lebih mudah, murah, dan praktis. Cukup dengan mencantumkan foto dan sedikit kalimat menggoda, maka sudah cukup mengundang perhatian pemakai situs jejaring ini. Kasus trafficking menjurus prostitusi yang dijalankan Vey dan Afif harus diakui cukup melek teknologi. Mereka tak lagi menawarkan ‘dagangan’ secara lisan, tetapi tinggal memampang foto-foto para gadis di account mereka. Bagaimanapun, sistem marketing mereka terbukti jitu dan menarik pelanggan yang tak sedikit.

2. Jasa PSK Online : Anggota Dewan Kurang Kerjaan Cari Via Facebook
Rabu, 3 Februari 2010 – 12:57 wib
SURABAYA – Pernyataan, Vey (20) germo PSK di facebook yang mengaku pernah menyediakan seorang ABG untuk seorang anggota legislatif ditanggapi anggota DPRD Kota Surabaya Armudji. Jika berita itu benar, Armudji mengaku heran bagaimana seorang anggota dewan dapat berurusan dengan PSK secara online. Menurutnya prilaku itu sangat tidak patut dicontoh.

D. PENCULIKAN / KABUUURRRR

1. Siswi SMK Hilang, Diduga Dibawa Teman Facebook
JAKARTA – Seorang siswi SMK di Jakarta Timur, menghilang sejak Selasa 16 Februari 2010. Aecha Nazara (15), warga Jalan Matraman Dalam, Jakarta Pusat, ini diduga menjadi korban temannya di jejaring sosial Facebook.

2. Dibawa Kabur Teman Facebook, Sylvia Ada di Jambi
SEMARANG – Sylvia Russiana, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, yang dikabarkan hilang dibawa kabur oleh kenalannya di facebook, dikabarkan telah ditemukan di daerah Jambi.

3. Para Orangtua Harus Belajar dari Kasus Nova
Saturday, 13 February 2010 10:06
Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya memeriksa intensif Febriari Irianto (18) sebagai tersangka “penculikan” gadis di bawah umur, Marieta Nova Triani yang acap dipanggil Nova. Gadis remaja berusia 14 tahun itu menjadi korban penyalahgunaan jejaring sosial facebook yang sangat populer saat ini. Baru sekali bertemu secara langsung, keduanya nekat melarikan diri alias minggat dari rumah selama beberapa hari. Keduanya sudah cukup lama berhubungan di dunia maya (facebook), saling curhat, kirim foto dan akhirnya jatuh cinta.

4. Lagi, Gadis Kabur dengan Teman Facebook
Kamis, 11 Februari 2010 – 09:59 wib
SURABAYA – Setelah Marietta Nova Triani (14) dibawa kenalannya di situs jejaring sosial facebook, kini kasus serupa menimpa Stefani Abelina Tiur Napitupulu (14), gadis asal Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur.

E. PERSELINGKUHAN
1. Gara-Gara Facebook, Istri Kontraktor Selingkuh
Kamis, 29 Oktober 2009 – 04:07 wib
JAKARTA – Deretan kasus pidana yang bermula dari situs jejaring sosial terus bertambah. Seorang kontraktor SC (40) melaporkan istrinya yang berinisial RA (30) ke Polda Metro Jaya karena berzina dengan pria idaman lain (TW).
SC melaporkan istrinya ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 27 Oktober 2009 lalu. Dalam laporannya, SC menyebut perselingkuhan istrinya dengan TW bermula dari situs jejaring sosial Facebook.

F. MENGGANGGU PRODUKTIFITAS KERJA

1. Ganggu Kinerja, Pemkot Surabaya Blokir Facebook
Selasa, 8 September 2009 – 10:26 wib
SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak sepekan terakhir ini memblokir dua situs, Yahoo Messenger dan Facebook. Pemblokiran ini dilakukan selama jam kerja mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 15.00
“Dua situs ini cukup mengganggu karena banyak diakses pegawai sehingga membuat jaringan internet Pemkot Surabaya lemot,” kata Chalid Buhari Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkot Surabaya.

2. Makin Banyak Kantor Pemkot Larang PNS Akses Facebook
Hidayatullah.com–Seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dan pejabat Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, dilarang mengakses Facebook dan memanfaatkan fasilitasi internet pemerintah daerah untuk bermain game pada jam kerja.

3. Ganggu Pelayanan, PNS Dilarang Facebook-an
Jum’at, 22 Januari 2010 – 08:36 wib
Pihak Kementerian Dalam Negeri menyatakan, pelarangan itu punya dasar hukum karena dikhawatirkan akan mengganggu pelayanan publik. Menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri Saut Situmorang, surat edaran beberapa kepala daerah yang melarang penggunaan Facebook pada jam kerja perlu dikeluarkan.

G. BUNUH DIRI
1. Gara-Gara Facebook, Siswa SMA Bunuh Diri
Senin, 20 Juli 2009 – 00:10 wib
GRESIK – Gara-gara Facebook, seorang pelajar SMA gantung diri. Achmad Idris (16), siswa kelas 1 SMA itu ditemukan dalam posisi gantung diri di salah satu kandang kambing milik keluarganya di Desa Sidojangkung, Menganti, Gresik, sekira pukul 04.30 WIB.

H. PENYEBARAN PAHAM / IDEOLOGI
1. Hampir 2.000 Orang Jadi Anggota ‘PKI’ di Facebook
Minggu, 10 Januari 2010 – 13:02 wib
Dalam pantauan okezone, Minggu (10/1/2010) akun Facebook ini telah menarik anggota sebanyak 1.946 orang. Anggotanya terus bertambah 2 hingga 3 orang setiap menitnya.

Inilah beberapa polemik yang terjadi terkait dengan penggunaan situs jejaring sosial facebook. Moga bisa jadi bahan renungan bagi kita semua, agar bisa menyikapinya dengan arif bijaksana. Karena FB juga ada baiknya or manfaatnya. Tergantung pada individu yang menggunakan, dan kembali ke niat masing2.

Kalo masih ada peristiwa or polemik lain yang belum tercantum silahkan Anda tambahkan untuk melengkapi referensi ini.
Wallahu ‘Alam bishshawab

Iklan